VISI

Visi adalah gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refeksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen pemangku kepentingan.

Bersamaan dengan penetapan RPJM-Desa Apaan, dirumusan dan ditetapkan juga Visi Desa Apaan :

“Membangun Desa Apaan menjadi kawasan desa pertanian menuju masyarakat agamis, adil dan sejahtera”

MISI 

Hakekat Misi Desa Apaan merupakan turunan dari Visi Desa apaan Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Apaan merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Apaan.

Untuk meraih Visi Desa Apaan seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Apaan sebagai berikut:
1.  Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.  Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan agama, keyakinan, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan menghormati.
3.  Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah / jalan usaha tani, pemupukan, dan pola tanam yang baik.
4.  Membangun dan meningkatkan hasil peternakan dengan jalan perbaikan sarana dan prasarana yang menunjang peningkatan hasil peternakan sapi, domba dan ayam kampung serta peternakan ikan lele.
5.  Menata Pemerintahan Desa Apaan yang kompak dan  bertanggung jawab dalam mengemban amanat masyarakat.
6.  Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius.
7.  Mencari dan menambah debet air untuk mencukupi kebutuhan pertanian.
8.  Menumbuh Kembangkan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani serta bekerja sama denga HIPPA untuk memfasilitasi kebutuhan Petani.
9.  Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah.
10. Bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan didalam Melestarikan Lingkungan Hidup
11. Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun informal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan intelektual, inovatif dan enterpreneur (wirausahawan).
12. Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk pengembangan dan optimalisasi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.

Comments