Karang taruna merupakan organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna menjadi wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, terutama karang taruna bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.
Begitu bermanfaatnya tujuan adanya karang taruna ini, maka program yang kami lakukan adalah sosialisasi betapa pentingnya peranan pemuda karang taruna dalam pengembangan desa. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para pemuda sekitar, dan untuk memperbaiki pemuda setempat agar lebih peroduktif lagi.
Target yang ingin dicapai dari adanya proker ini adalah ingin menjadikan orgaisasi kepemudaan (karang taruna) secara bersama-sama dengan pemerintah desa mengembangkn potensi serta memperbaiki sistem yang ada di desa.
Acara sosialisasi karang gtaruna ini di lakukan di balai desa Apa’an pada hari kamis tanggal 26 Juli 2018 jam 15.00 WIB sampai jam 17.00 WIB. Acara sosialisasi ini yang menjadi pemateri adalah Moh. Jakfar, S.Pd selaku ketua karang taruna Kabupaten Sampang. Sosialisasi ini juga di hadiri oleh pihak dinas sosial, pihak kecamatan Pangarengan dan perwakilan dari BPD. Peserta yang hadir pada acara sosialisasi ini adalah beberapa perangkat desa, pemuida Desa Apa’an, Kepala Desa dan para tamu undangan.

Comments